Dealer Honda

8 Tips Jualan Mobil Jitu di Masa Pandemi Covid-19

8 Tips jualan mobil mudah di masa pandemi Covid-19, tips ini mungkin bisa menjadi bahan referensi dan penyemangat jualan anda atau teman-teman sales dimana pun berada.

8 tips jualan

Sudah hampir 2 Tahun masa pandemi Covid-19 atau Virus Corona ini masih belum juga Musnah di Tanah Air kita Indonesia, sebagai seorang sales mobil saya sangat merasakan sekali betapa Sulitnya Jualan Mobil dimasa Pandemi ini. Karena kebanyakan konsumen masih menahan dana atau keuangan nya untuk jaga safety di masa Pandemi Covid-19.

Meskipun pemerintah sudah mengeluarkan potongan Pajak PPnBM 100% sampai dengan Agustus 2021 nanti, penjualan dealer mungkin sudah ada kenaikan dibandingkan dengan tahun 2020 kemarin. Tapi tidak semua Sales Marketing Mobil yang mempunyai keuntungan bisa menjual Mobil dimasa seperti sekarang ini (PSBB atau PPKM), mereka harus kerja 10x Ekstra demi bertahan untuk hidup.

Sebagai seorang Sales Mobil, saya benar-benar bisa merasakan betapa sulit nya untuk dagang mobil dimasa sekarang, namun saya coba untuk memutarbalikan semua nya dengan berkata “Betapa Gampang Jualan Mobil dimasa Pandemi Covid-19“. Ingat brader, “Omongan adalah Do’a”, Terus Semangat Jualan, Terus Ikhtiar, Kerja Keras dan Do’a. Rezeki sudah yang mengatur. Hee!! Maaf ustad sedikit :D.

Berikut saya sharing 8 Tips Jualan Mobil dimasa Pandemi Covid-19 :

  1. Pameran / Display Unit (Moving)
    Selama Pandemi Covid-19 ini hampir semua Mall atau tempat-tempat Belanja di batasi Jam Operasional nya atau bahkan tutup total setelah pemberlakukan PSBB atau PPKM, tapi teman-teman sales jangan kecil harapan. Carilah tempat-tempat strategis untuk buat display sendiri dengan bawa kendaraan Test Drive Dealer, sambil sebar Brosur Promo. Tapi ingat meski harus jaga Prokes (Protokol Kesehatan) nya.
  2. Kanvasing
    Kanvasing atau bisa juga disebut Movex/Moving ini, masih efektif sebagai salah satu cara untuk berjualan Mobil (Kesampingkan dulu Sifat Males nya yaa..Anak Istri Menunggu Jatah Bulanan nya..Hehehee). Dengan cara sebar brosur ini, Door to Door Marketing untuk mencari Prosfek atau Data masih efektif sebagai salah satu sumber untuk mencari Data Jualan Mobil.
  3. Digital Marketing
    Semenjak dunia Teknologi di Indonesia sudah berkembang pesat di Indonesia, banyak sekali para pembisnis lokal atau Marketing menggunakan cara ini sebagai salah satu untuk mencari Market atau cara jualan mereka. Salah satu nya yang saya lakukan untuk mencari Data atau Jualan Mobil yaitu dengan Digital Marketing ini, apa lagi di masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang. Lalu apa saja referensi sumber digital nya, salah satu nya adalah : Sosial Media (Facebook, Marketplace, Instagram, Pinterest, TikTok, Twitter, Linkedin, dll), Website / Blogspot, Iklan Online (OLX, OTO.com, Mobil123.com, dll).
  4. Database
    Ingat, salah satu sumber untuk jualan mobil yang satu ini jangan di sepelekan. Gunakan sumber jualan dari Database ini sebagai salah satu sumber anda untuk jualan mobil. Baik itu dari Database lama, Kantor, ataupun Database bengkel. Caranya bagaimana? saya yakin teman-teman Sales semua sudah paham cara mengolah Database nya. Atau kalau saya pribadi biasa melakuan nya dengan cara Broadcast Whatsapp setiap hari, baik itu memakai Software atau Manual (100-200 kontak), sebari Ngupi. Hee!
  5. Customer Repeat Order
    Repeat order ini juga bisa dijadikan sebagai salah sumber untuk berjualan mobil, caranya dengan memfollow up konsumen kamu yang sudah pernah melakukan pembelian mobil sebelumnya kepada teman-teman. Coba kasih penawaran atau Promo menarik untuk Customer lamanya. Tapi ingat ya, jangan sampai Konsumen rekan kamu yang di Follow Up nya  (Nyiuk), kasian Brader. Hahaha
  6. Referensi
    Salah satu sumber untuk berjualan mobil ini kurang lebih sama cara dengan RO (Repeat Order), selama kamu bisa kasih pelayanan bagus ke konsumen kamu yang sudah pernah beli mobil nya ke kamu. Baik itu dengan membantu Booking Service, dll. Mintalah referensi kepadanya, jalin terus hubungan baik dengan semua konsumen yang pernah membeli mobil sama kam, agar bisa mendapatkan referensi atau repeat order nya.
  7. Mediator
    Nah, untuk yang satu ini agak sedikit beda cara nya, kalau saya biasa nya mengajak kerjasama atau visit ke showroom-showroom mobil bekas. Ini bisa dibilang sama dengan nomor 6 (referensi) tapi sedikit berbeda, karena kita harus WAJIB mengeluarkan Fee / Komisi untuk Mediator yang membantu kita untuk Memediasi dengan konsumen yang sudah berniat membeli mobil baru. Dan biasanya saja mempunyai Mediator di Timur, Barat, Utara dan Selatan (Meskipun Belum Semua Wilayah)
  8. Follow Up
    Cara ini adalah Sumber Kunci Utama teman-teman untuk bisa berjualan Mobil, apalagi di masa seperti sekarang. Jangan harap bisa jualan Mobil tanpa melakukan hal ini (Follow Up), semua sumber diatas tidak ada artinya meskipun sudah dilakukan semuanya. Database atau Prosfek sebanyak apapun akan menjadi Sampah di Handphone teman-teman apabila cara terakhir ini tidak pernah dilakukan.

Baca juga : Honda NX7 Concept

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semua teman-teman sales yang ada di Indonesia, jangan lupa share Artikel ini melalui Link Sosmed diatas, siapa tahu bisa bermanfaat untuk rekan lain nya atau silahkan tinggalkan komentar dikolom komentar dibawah. Karena saya sebagai Penulis Artikel ini (Sales Mobil Juga) masih Belajar, jadi mari kita belajar sama-sama berbagi ilmu agar bisa membantu teman-teman sesama Sales Mobil untuk bisa berjualan lagi dimasa Pandemi Covid-19.

Dan semoga Covid-19 (Corona) ini cepat Hilang dan Musnah selamanya, dan keadaan Normal kembali. Aamiin YA ALLOH.

Bagikan Artikel :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on tumblr
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

Tinggalkan komentar

Terbaru :

Rekomendasi :