Dealer Honda

5+ Tips Cara Merawat Mobil Putih Dengan Benar

5+ Tips Cara Merawat Mobil Putih Anda. Saat ini warna putih menjadi warna yang sangat difavoritkan sebuah mobil. Bukan tanpa alasan, mobil warna putih terlihat lebih mentereng dan elegan jika disejajarkan dengan mobil berwarna gelap. Tampilan putih yang membalut eksterior mobil menghadirkan kesan elegan dan cemerlang bagi setiap pasang mata yang memandangnya.

cara merawat mobil putih

Di balik itu semua, ada konsekuensi yang harus ditanggung bagi pemilik mobil berwarna putih.  Mereka harus menerima kenyataan bahwa merawat mobil putih berbeda dengan warna mobil lainnya. Perawatan mobil putih membutuhkan perhatian khusus agar warna mobil tetap kinclong dan tidak terlihat kusam. Apa saja sih perawatannya ? Mari simak tips merawat mobil putih di bawah ini.

Kurangi menjemur mobil putih di bawah terik matahari langsung

5 cara merawat mobil

Saat ini, untuk mendapatkan lokasi parkir yang teduh dimanapun Sahabat bepergian memang sulit. Terkadang kita harus berebut dengan orang lain. Jika menghadapi masalah seperti ini, guna merawat mobil putih tetap terjaga dari sinar UV, carilah parkir yang tidak terpapar sinar matahari langsung seperti di bawah pohon rindang. Walaupun matahari tembus melewati celah dedaunan, yang terpenting adalah sinar matahari tidak menyorot langsung ke mobil.

Selain itu, jika dirumah Sahabat tidak ada garasi di dalam rumah atau pohon rindang, Sahabat diperbolehkan untuk menutup mobil dengan penutup mobil yang sudah dilengkapi dengan penangkal sinar UV. Tetapi, Sahabat harus pastikan untuk tidak malas menutup kain mobil ketika mobil tidak digunakan dan melepasnya kembali saat akan digunakan.

Hindari mencuci mobil putih di bawah sinar matahari

Tidak hanya mobil warna putih saja, tetapi poin ini berlaku untuk seluruh warna dan jenis mobil. Pada umumnya, masyarakat lebih senang mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung ketimbang di garasi atau tempat yang tertutup. Dengan harapan mobil lebih cepat kering karena bantuan sinar matahari. Padahal hal tersebut salah lho Sahabat.

Mencuci mobil di bawah sinar matahari justru akan mempercepat perubahan warna cat mobil dan bisa membuat pudar. Mengapa demikian? Ketika Sahabat mencuci mobil menggunakan shampo khusus mobil, pasti tidak langsung dibilas bukan. Nah, rentang waktu dari membersihkan bodi dengan shampo hingga membilas dapat membuat shampo mengering dengan cepat jika mencuci mobil di terik sinar matahari dan bisa menyebabkan jamur. Solusi terbaiknya adalah melakukan pencucian mobil di tempat yang teduh. Kecuali kamu mencucinya hanya menggunakan air saja tanpa sabun atau sampo, tidak menjadi masalah.

Sponsor kami:

Baca juga : Manfaat Memasang Anti Karat Mobil Anda

Baca Juga : Promo Mobil Baru Honda City HB Akhir Tahun 2021 di Bandung

Gunakan teknik mencuci mobil putih yang benar

Rentang waktu antara pengaplikasian sabun atau sampo mobil dengan waktu membilas sangat penting dalam mencuci mobil. Jika Sahabat telat dalam membilas sisa sabun dapat mempercepat proses pengeringan bagian tertentu mobil yang masih berbusa. Oleh karena itu, ada baiknya apabila Sahabat membilas terlebih dahulu bagian yang sudah terkena sabun sebelum pindah untuk membersihkan bagian lain mobil. Tujuannya, agar tidak ada sisa busa atau sabun yang menempel serta mengering di bodi mobil, sehingga cat mobil tidak rusak.

Gunakan sabun dan shampoo khusus

Nah, cara merawat mobil putih dan warna mobil lainnya adalah penggunaan shampo atau sabun ketika mencuci mobil. Jangan pernah menggunakan sabun yang tidak direkomendasikan untuk mencuci mobil seperti, sabun cuci baju, sabun colek dan sabun lainnya. Penggunaan sabun yang tidak sesuai dengan fungsinya akan cepat merusak cat mobil. Sangat disarankan untuk menggunakan sabun dan juga sampo khusus yang memang dibuat serta diperuntukkan untuk mencuci mobil. Dengan begitu cat mobil akan terjaga kebersihannya dan warna bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Gunakan teknik membilas yang benar

Proses pembilasan ketika mencuci mobil adalah salah satu cara merawat mobil putih dan mobil warna lainnya. Tujuannya adalah menghindari timbul bercak-bercak bekas sabun atau shampo ketika mencuci mobil. Cara yang tepat adalah membilas secara satu arah, dimana seluruh permukaan bodi dibilas secara berkala dari atas ke bawah.  Selain itu jika menerapkan pembilasan dari atas ke bawah akan menghindari kotoran nyangkut pada bagian celah mobil yang nantinya akan mempersulit diri kamu sendiri.

Gunakan kain lap dengan daya serap yang baik

Penggunaan kain lap dengan daya serap yang baik akan membantu mempercepat pengeringan mobil warna putih yang Sahabat miliki setelah selesai pencucian. Perbedaan mendasar pengeringan menggunakan lap dan pengeringan langsung dengan memanfaatkan sinar matahari. Penggunaan kain lap tidak akan meninggalkan bercak air yang mengering, sedangkan penggunaan sinar matahari akan meninggalkan bercak air yang mengering.

Lakukan pemolesan

Sponsor kami:

Mencuci mobil sebenarnya tak cukup untuk mempertahankan mobil warna putih tetap bersih dan berkilau. Sahabat harus rutin melakukan pemolesan sehingga mobil mampu berkilau seperti baru. Pemolesan juga akan menghilangkan jamur yang menempel, yang mana mampu mencegah cat mengelupas.

Ada pula teknik atau Tips menurut dari beberapa sumber lain adalah sebagai berikut, silahkan di simak sampai dengan selesai yaa..

Kendaraan berwarna putih banyak disukai para pencinta otomotif. Karena putih menunjukkan kesan bersih dan elegan. Namun satu kekurangannya, mobil berwarna putih mudah sekali kotor. Sedikit terkena cipratan air saja, noda langsung terlihat.

Karena itu, warna putih membutuhkan perhatian serta perawatan khusus agar warnanya tidak mudah kusam. Nah, merawat mobil warna putih ternyata tidak sesulit yang dikira. Berikut ini adalah beberapa tips merawat mobil yang bisa Anda lakukan.

CUCILAH DENGAN AIR BERSIH

Untuk merawat bodi mobil agar tetap bersih dan terawat tentu saja harus rutin dicuci. Dalam mencuci mobil, pastikan air yang digunakan adalah air bersih. Setelah terkena air hujan pun, pastikan Anda mencucinya sampai bersih. Pasalnya, air hujan mengandung banyak kandungan garam dan asam yang mampu merusak warna pada bodi mobil. Selain itu, pastikan juga untuk mengelap noda yang menempel karena noda tersebut dapat menyebabkan timbulnya jamur.

JANGAN MENCUCI MOBIL DI BAWAH SINAR MATAHARI LANGSUNG

Salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh pemilik mobil saat mencuci mobil adalah melakukannya di bawah sinar matahari langsung. Mencuci mobil di lokasi tersebut hanya akan membuat busa sabun atau sampo yang digunakan cepat mengering dan menempel di bodi. Hal ini tentu membuat bodi timbul bercak. Selain itu, pemilihan sabun atau sampo juga harus diperhatikan. Gunakan sabun atau sampo mobil yang memang khusus untuk mobil karena pH-nya disesuaikan dengan kualitas cat pada body.

MEMBILAS HARUS DARI ATAS KE BAWAH

Hal sepele yang masih sering dilakukan oleh banyak orang adalah pembilasan yang dilakukan terbalik, dari bawah ke atas. Padahal, hal tersebut hanya akan membuat kotoran tersebar dan harus bekerja dua kali. Pembilasan wajib dilakukan dari atas ke bawah agar kotoran bisa langsung turun dan tidak menyebar. Dengan begitu, pencucian mobil bisa lebih efektif.

JANGAN ADA SISA SABUN

Hal lain yang wajib dilakukan saat mencuci mobil adalah mengeringkan body mobi setelah dibilas. Pengeringan ini harus dilakukan secara hati-hati agar benar-benar bebas dari busa sabun dan air yang menempel di mobil. Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, air dan sisa sabun yang menempel akan menyebabkan noda membandel di bodi mobil.

Sponsor kami:

LAKUKAN PEMOLESAN 6 BULAN SEKALI

Mencuci mobil sebenarnya tak cukup untuk mempertahankan warna mobil putih tetap bersih dan berkilau. Anda harus rutin melakukan pemolesan sehingga mobil mampu berkilau seperti baru. Pemolesan juga akan menghilangkan jamur yang menempel, yang mana mampu mencegah cat mengelupas. Namun, jangan terlalu sering melakukan pemolesan karena warna cat bisa memudar. Pemolesan yang optimal adalah 6 bulan sekali untuk menjaga agar lapisan cat tetap bagus.

Merawat warna putih pada mobil memang butuh perhatian khusus, namun tidak sulit untuk digunakan. Salah satu mobil dengan warna putih terbaik. Warna Pearl White yang diusung oleh city car terbaik ini terlihat begitu berkilau sehingga tampak elegan. Ditambah lagi dengan desain bodi yang stylish, semakin memberi penampilan lebih maksimal bagi Honda Lovers yang mengendarainya.

Demikian beberapa tips 5+ Cara Merawat Mobil Warna Putih untuk anda Honda Lovers, apabila artikel ini bermanfaat silahkan bantu share yaaa. Agar bisa bermanfaat untuk yang lain nya juga.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan Honda Lovers semua, dan follow terus Update Promo Honda Bandung nya di sini. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog (Website) Dealer Honda.

 

Sumber :
https://garasi.id/artikel/7-tips-dan-langkah-untuk-merawat-mobil-putih-agar-selalu-tetap-mengkilap/5d3b2a762a655b024a3a944c
https://nissan.co.id//artikel/artikel-product-centric/tips-merawat-mobil-warna-putih.html

Bagikan Artikel :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on tumblr
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

Satu pemikiran pada “5+ Tips Cara Merawat Mobil Putih Dengan Benar”

Tinggalkan komentar

Terbaru :

Rekomendasi :